Pengertian Edmodo dan Fungsinya

Pengertian Edmodo dan Fungsinya - Edmodo adalah salah satu dari beberapa jenis Social Learning Networks (SLNs) yang beredar di dunia world wide web. Berikut beberapa contoh SLN:

a. Einztein (www.einztein.com) merupakan SLN yang ditujukan bagi pembelajar dewasa (pendidikan tinggi) dan pembelajar seumur hidup.

b. Sophia (www.sophia.org) merupakan SLN yang menyediakan ribuan tutorial akademik yang diajarkan oleh guru dengan berbagai model instruksional, dan dapat diikuti oleh pembelajar dengan berbagai model belajar.

c. RemixLearning (www.remixlearning.com) yang juga didukung oleh The Bill & Melinda Gates Foundation menyediakan sebuah SLN yang dapat diatur sesuai selera oleh sekolah, perpustakaan, museum, dan institusi lainnya yang membutuhkan.

d. Schoology (www.schoology.com) merupakan LMS yang dilengkapi dengan SLNs.


Pengertian Edmodo dan Fungsinya


Edmodo adalah sebuah media untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Baca juga pengertian komunikasi daring. Edmodo menggabungkan sebagian fitur dari Learning Management System (LMS) dan sebagian fitur dari Jejaring Sosial (Social Network), menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan, kemudian lebih dikenal dengan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Networks).

Edmodo diciptakan oleh Jeff O’Hara dan Nic Borg pada tahun 2008. Jeff O’Hara adalah seorang administrator jaringan bagi Community Unit School District 200 di Wheator,  Illnois,  sedangkan  Nic  adalah  pengembang  web  bagi Kaneland Community Unit School District 302 di Maple Park, Illinois, USA.

Ide pengembangan Edmodo berasal dari kepopuleran Facebook, yang ditambah dengan sebuah fitur untuk menjamin keamanan interaksi dan kolaborasi antara siswa dan guru.

Oleh karena semakin besarnya kebutuhan akan media pembelajaran daring, Edmodo kemudian berkembang menjadi salah satu media/platform dalam pendidikan dasar dan menengah (K1-K12) yang  digunakan oleh lebih dari 29 juta pengguna di dunia.

Baca juga: Manfaat Kelas Maya

Edmodo Framework
Edmodo dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan kelas berbasis kelompok  dan media  sosial.  Fitur  utama  dari  Edmodo  adalah  dukungan aktif terhadap model komunikasi dari media sosial daring, yang ditambahi dengan fitur bahan ajar daring (online learning material), dan evaluasi daring (online evaluation).

Fitur Edmodo

Beberapa fitur utama Edmodo yang dapat digunakan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
a. Kelas maya dengan sistem closed group collaboration; hanya mereka yang memiliki kode grup yang dapat mengikuti kelas. Baca juga pengertian kelas maya dan manfaatnya
b. Komunikasi menggunakan model media sosial.
c. Manajemen konten pembelajaran.
d. Evaluasi pembelajaran.
Selain fitur utama di atas, Edmodo juga mendukung team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration dan akses bagi orang tua Anda untuk memantau kegiatan pembelajaran Anda ikuti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Presentasi Video - Perumusan Masalah, Ide, Sinopsis, Treatment, dan Pemahaman Naskah

Pengertian Editing Video dan Fungsinya

Pengertian Buku Digital (ebook), Fungsi Tujuan dan Formatnya