Pengertian Simulasi Visual dan Fungsinya

Pengertian Simulasi Visual dan Fungsinya - Simulasi visual membekali siswa “menyimpulkan” gagasan atau konsep yang bendanya belum ada atau sulit divideokan atau sesuatu yang bentuknya rumit dan letaknya tersembunyi.

Pemanfaatan animasi 3 dimensi dapat menggantikan upaya mengomunikasikan gagasan atau konsep tersebut agar dapat lebih mudah dimengerti. Simulasi visual memungkinkan menggambarkan objek benda dengan lebih jelas dan hidup.

baca juga: pengertian simulasi digital

Simulasi Visual adalah 3D visualization atau video animasi 3D yang mewujudkan gagasan secara visual untuk memecahkan suatu masalah yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam mengomunikasikan gagasan diperlukan kemampuan  memvisualkan materi informasi agar menjadi sarana komunikasi yang lebih mudah tersampaikan dan dicerna.

Proses pembuatan animasi 3D terdiri atas proses: ide gambar, pemodelan, texture, menganimasikan dan rendering. Pemodelan 3D memiliki proses pembuatan yang panjang akan tetapi model dapat disimpan, dilihat dari berbagai sudutpandang dan proses animasinya menjadi mudah. 

Sementara itu pada animasi 2D, objek/karakter dapat dibuat dalam waktu singkat namun justru menganimasikannya memerlukan proses yang panjang karena harus dilakukan berulang-ulang. Untuk kepentingan pembelajaran bagi semua siswa yang tersebar pada berbagai bidang keahlian pada SMK, dipilih animasi 3D sebagai materi pembelajaran kompetensi Simulasi Visual.

Software pengolah animasi 3D yang dapat digunakan membuat simulasi visual tersedia beragam, antara lain 3DsMax, Cinema 4D, Maya, Blender. Simulasi Visual menggunakan software Blender karena merupakan freeware dengan file instalasi yang tidak besar. Blender dapat dijalankan menggunakan Operating System Linux, Windows dan Mac.

Sebagai 3D visualization, Simulasi Visual hanya memvisualkan objek  benda yang akan dikomunikasikan. Hasil visualisasi dapat berdiri sendiri sebagai penjelas atau ilustrasi animasi dari bagian Buku Digital atau pendukung Presentasi Video pada bagian yang tidak dapat dikasatmatakan.
Manusia memiliki naluri untuk menyampaikan gagasan dalam bentuk visual.

Sejarah telah membuktikan bahwa manusia lebih dahulu mengenal gambar atau simbol untuk mengomunikasikan gagasan kepada orang lain. Hal ini membuktikan bahwa manusia merupakan makhluk visual yang akan lebih cepat mencerna makna melalui visual daripada tulisan.

Penyampaian ide secara visual meliputi animasi 2D dan animasi 3D. Bentuk informasi 2D yang statis disebut dengan infografik, sedangkan yang dinamis karena berbentuk animasi teks dan gambar disebut motion graphic. Perkembangan teknologi saat ini telah mengubah cara menyampaikan gagasan visual menjadi sangat menarik. Sebagai contoh adalah visualisasi video iklan dengan teknik animasi.

Baca juga : materi simulasi digital

Animasi 3D merupakan teknik yang populer untuk membuat memvisualikan gagasan atau informasi lainya. Pada umumnya animasi 3D dibuat untuk membuat film animasi cerita. Dalam kaitannya dengan Simulasi Visual pada  mata pelajaran Simulasi Digital, animasi 3D difokuskan pada visualisasi objek.

Untuk membuat simulasi visual sangat mudah sekali, namun anda membutuhkan aplikasinya. Aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan untuk membuat simulasi visual 3D adalah Blender 3D. Kabar gembira nya di akhir artikel ini saya akan membagikan aplikasi Blender 3D kepada anda secara cuma-cuma alias GRATIS.

Gambar di bawah ini adalah hasil cuplikan gambar dari contoh video simulasi visual tentang visualisasi pemijahan ikan gurame, video tersebut mampu menvisualkan kehidupan ikan di dalam air sehingga terlihat nyata.

pengertian simulasi visual dan fungsinya pengertian simulasi visual tahap produksi pengertian simulasi visual produksi pengertian simulasi visual dan buku digital pengertian simulasi visual wikipedia pengertian simulasi visual 3d pengertian simulasi visual dan contohnya pengertian simulasi visual 2d pengertian simulasi visual 3 dimensi
Contoh Simulasi Visual

Simulasi visual berfungsi sebagai media untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep  dalam bentuk simulasi dalam format digital.

Bentuk simulasi visual biasa kita temukan pada iklan, presentasi produk dan visual guide. Peran simulasi visual ini sangat membantu penonton untuk lebih jelas menerima informasi. Pada penerapan visual guide biasa ditemukan dalam pembuatan tutorial atau proses kerja suatu alat dan bagaimana penggunaan serta perawatannya.

Kemajuan teknologi grafik animasi 3D atau yang biasa disebut dengan 3D visualization mendukung tampilan untuk menjelaskan suatu kejadian atau proses secara lebih nyata dan rinci.

Pengertian Simulasi Visual dan Fungsinya - Era digital saat ini menuntut konten yang lebih dari hanya sekadar sebuah teks dan gambar grafik 2D. Hal ini didukung oleh software pembuat animasi 3D yang sangat beragam.

Perangkat elektronik sudah mampu membaca bahan ajar  digital seperti ebook dengan ekstensi format file *epub (electronic publication) yang  di  dalamnya  tidak   hanya  teks  dan  gambar  melainkan  juga mampu membaca format video. Dalam hal ini, simulasi visual 3D dapat melengkapi konten pembelajaran menjadi lebih menarik.

Baca juga : Pengertian buku Digital dan Fungsinya

Simulasi visual yang akan dibahas menggunakan software opensource Blender. Blender merupakan software grafis animasi 3D dengan kemampuan yang powerfull dan gratis (no license).

Secara garis besar pembeda simulasi visual dari film animasi bercerita (animasi kartun) adalah bentuk animasinya yang dominan menggunakan teknik animasi sederhana seperti perpindahan lokasi objek (moving), perubahan ukuran objek (scale), Putaran objek (rotation) dan menganimasikan kamera (camera animation).

Selebihnya untuk menambah impresi animasi bisa ditambahkan animasi efek untuk menambah realisasi objek yang di ceritakan. Penambahan efek adalah animasi tingkat lanjut dan biasanya memerlukan penggunaan software tambahan untuk membuat efek tersebut.

Simulasi visual ini dimaksudkan untuk membekali kompetensi siswa dalam merealisasikan gagasan untuk bisa dikomunikasikan dengan lebih menarik secara visual.

Aplikasi Untuk Membuat Simulasi VISUAL adalah Blender 3D
Seperti yang sudah saya janjikan, saya akan membagikan aplikasi ini secara gratis khusus untuk anda yang nge-like dan nge-share artikel ini. Silahkan download Blender 3D di bawah ini.
Bagikan dulu melalui Facebook untuk Download Blender 3D



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Presentasi Video - Perumusan Masalah, Ide, Sinopsis, Treatment, dan Pemahaman Naskah

Pengertian Editing Video dan Fungsinya

Pengertian Buku Digital (ebook), Fungsi Tujuan dan Formatnya